Awas Ponsel Anda Bisa Jadi Sarang Penyakit

iklan
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Awas Ponsel Anda Bisa Jadi Sarang Penyakit
Oct 14th 2011, 10:50

TEMPO Interaktif, -Ini kabar terbaru yang mungkin akan membuat mual. Sebuah riset mengungkapkan bahwa satu dari enam telepon seluler (ponsel) terkontaminasi dengan bahan-bahan yang berhubungan dengan kotoran manusia. Para peneliti dari London School of Hygiene and Tropical Medicine serta Queen Mary, University of London, mengambil sekitar 400 sampel ponsel dan tangan di 12 kota di Inggris.

Mereka menemukan bahwa masing-masing 16 persen ponsel dan 16 persen tangan manusia mengandung bakteri E. Coli (Escherichia coli) yang biasanya menghuni usus manusia. Proporsi terbesar ponsel yang terkontaminasi terdapat di Kota Birmingham (41 persen) sementara penduduk London tangannya mengalami kontaminasi tertinggi dari E. coli tersebut, yakni 28 persen.

Memang, jumlah sampel di setiap kota hanya sedikit sehingga bisa saja terjadi anomaly secara statistik di antara data tersebut. Dr. Val Curtis, dari London School of Hygiene mengatakan, riset ini menunjukkan perbedaan yang jelas antara kondisi di utara dan selatan.

Hasil temuan tersebut akan dipublikasikan di Global Handwashing Day pada 15 Oktober 2011. Ini adalah kegiatan tahunan yang mempromosikan kesehatan tangan, cara yang paling murah dan efektif dalam mencegah bakteri dan virus.

"Kami menemukan bahwa semakin ke utara kami pergi, semakin banyak tangan dan ponsel yang terkontaminasi. Bisa jadi ini dikarenakan kuman-kuman hidup lebih baik di daerah yang lebih dingin dan basah atau bisa jadi orang-orang di daerah ini lebih jarang mencuci tangan," kata Dr. Curtis. Ditambahkannya bahwa riset ini dilakukan selama tiga tahun berturut-turut.

E. coli yang ditemukan di tangan dan ponsel tidak akan menyebabkan penyakit yang serius pada pemiliknya. Namun, Dr. Curtis menjelaskan bahwa digunakannya E. coli adalah sebagai penanda akan kehadiran kuman-kuman yang berhubungan dengan kotoran manusia.

"Bakteri Campylobacter dan Salmonella merupakan dua contoh yang bisa menyebabkan infeksi perut dan mereka bisa dengan mudah dikeluarkan bersama-sama kotoran dari perut," ungkap Dr. Curtis.

Kemungkinan, adanya bakteri di tangan dan ponsel adalah akibat orang tidak mencuci tangan mereka dengan bersih setelah dari toilet. Menurut Profesor ahli virus John Oxford, orang tidak mencuci tangan mereka secara menyeluruh dalam waktu yang cukup lama. Cuci tangan cara ini – menyeluruh dan cukup lama – sebaiknya dilakukan setiap kali Anda dari toilet atau setelah memegang daging mentah dan unggas.

BBC ONLINE I ARBA'IYAH SATRIANI

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment