Tangkis Serangan Hepatitis II

iklan
KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Tangkis Serangan Hepatitis II
Feb 21st 2012, 05:05

Tahukah Anda bahwa orang yang terlalu higienis atau bersih juga rentan akan serangan VHA?

KapanLagi.com - Terlalu Bersih Belum Tentu Aman

Tahukah Anda bahwa orang yang terlalu higienis atau bersih juga rentan akan serangan VHA? "Orang yang terlalu higienis atau tidak pernah jajan sama sekali, bisa mudah terkena VHA, sebab secara tidak langsung ia tidak punya antibodi alami," ujar Prof. Ali. Salah satu cara agar tubuh memiliki antibodi terhadap hepatitis adalah melalui proses vaksinasi. "Tentu saja, sebelumnya Anda lebih baik menjalani tes darah untuk mengetahui apakah di dalam tubuh ada antibodi VHA atau tidak. Jika dalam tubuh Anda sudah terdapat antibodi tersebut, maka tak perlu takut mengonsumsi berbagai makanan, namun tetap harus waspada dan menjaga kebersihan asupan," ungkap Prof. Ali.

Walaupun VHA yang tidak akut sebagian besar tidak berisiko menjadi penyakit kronis dan bisa disembuhkan namun penyakit ini tetap harus diperhatikan. Penderitanya harus mencatat dalam sejarah kesehatan mereka sebagai pernah terkena VHA. Sebab, meski hepatitis B atau C merupakan virus penyakit berbeda namun penderita VHA jadi rentan terinfeksi penyakit lain atau berubah menjadi penyakit kronis.

Langkah Penyembuhan

VHA biasanya membutuhkan waktu penyembuhan 1-2 bulan, beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hepatitis tidak menjadi kronik dan merusak hati adalah:

1. Rutin cek kesehatan, lakukan pemeriksaan darah dengan teratur.

2. Istirahat dengan baik. Jangan memaksa diri untuk bekerja atau melakukan aktivitas berlebihan agar sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik.

3. Asup makanan bernutrisi selama proses penyembuhan agar tubuh mendapatkan energi. Biasanya penderita mengalami kurang nafsu makan dan rasa mual saat terkena VHA.

4. Ringankan kerja organ hati dengan tidak mengonsumsi alkohol ataupun obat yang berlebihan. (Fitness/miw)

Source: Fitness Magazine, Edisi Januari 2012, Halaman 86

Provided by:

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment