Improvisasi Olah Tubuh Anda! II

iklan
KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Improvisasi Olah Tubuh Anda! II
Feb 20th 2012, 05:05

KapanLagi.com - Artikel Sebelumnya: Improvisasi Olah Tubuh Anda!

TENIS

Kesalahan Umum:

Menggunakan sepatu lari

Tip Profesional:

Jika Anda kira bermain tenis bisa menggunakan sepatu olahraga jenis apapun, maka Anda salah besar. Sepatu tenis di desain secara khusus tentu saja untuk berolahraga tenis. Sepatu ini akan mendukung pergelangan kaki dari putaran-putaran mendadak dan pergerakan tubuh ke depan dan belakang secara mendadak seperti permainan tenis pada umumnya.

"Sepatu lari didesain hanya untuk pergerakan ke depan dan belakang. Jadi, jika Anda menggunakan sepatu lari di lapangan tenis, maka pergelangan kaki akan mudah cedera," ucap Bunny Bruning, dari asosiasi petenis profesional Amerika Serikat di Des Moines, AS.

RENANG

Kesalahan Umum:

Menganggap no impact berarti mudah

Tip Profesional:

Berenang memang "bersahabat" pada tulang dan sendi Anda, namun bukan berarti olahraga ini "cemen". Justru, Anda melatih otot yang jarang dilatih, bahkan tidak pernah dilatih. Tak heran, para perenang pemula sering overtrainning pada latihan pertama mereka. Lalu, menyerah tak berlatih keesokan harinya karena tubuh terasa sakit semua. Penting sekali membuat target realistis untuk setiap olah tubuh yang Anda pilih.

"Rencanakan untuk berenang hanya 10 putaran," ucap Joel M. Stager, Ph.D., pimpinan Counsilman Center for the Science of Swimming di Indiana University Bloomington, AS. "Secara berkala, tingkatkan hingga 15 putaran. Jika sudah mencapai target, masukkan target waktu. Misalnya, berenanglah dengan putaran sebanyak mungkin selama 20 menit, lalu lakukan jumlah putaran yang sama keesokan harinya selama 19 menit." Gunakan gaya bebas sebagai gaya dasar dari berenang.

BERSEPEDA STATIS

Kesalahan Umum:

Tidak mengatur kenyamanan sepeda

Tip Profesional:

Pengaturan yang salah bisa membuat Anda cedera saat bersepeda. Jadi, tibalah 10 menit lebih awal di kelas sepeda statis, sehingga Anda bisa meminta bantuan instruktur untuk mengatur kenyamanan sepeda yang pas untuk tubuh.

"Salah besar jika peserta kelas sepeda statis malu meminta bantuan pada instruktur. Karena Anda justru bisa cedera dan tak merasa nyaman," ucap Jennie Santos, instruktur sepeda di Los Angeles, AS. Lalu, ingatlah dasar-dasar berikut sehingga Anda bisa melakukannya sendiri:

Langkah 1: Sesuaikan tinggi sadel sehingga Anda bisa memutar pedal dengan tekukan lutut sekitar 25-30 derajat. Letakkan telapak kaki di tengah pedal.

Langkah 2: Cek, lutut Anda harus berada di tengah pedal (Jika tidak, sesuaikan sadel ke depan atau ke belakang).

Langkah 3: Pastikan stang sepeda cukup tinggi untuk membuat Anda duduk lurus tanpa membuat leher Anda tegang atau sakit.

HIKING

Kesalahan Umum:

Beban bawaan terlalu ringan

Tip Profesional:

Meskipun Anda hanya hiking sehari, Anda tetap membutuhkan perbekalan, ucap Courteney Schurman, trainer dan penulis buku The Outdoor Athlete. Berikut adalah barang yang wajib dimiliki

- Kudapan asin "Saya merekomendasi untuk membawa kudapan asin berkalori 100-150 untuk setiap jarak tempuh 1,6 km," ucap Schurman. Ini akan menggantikan sodium dan elektrolit tubuh yang hilang melalui keringat. Jadi, satu pak kacang asin atau buah kering, wajib ada.

- Air putih Minum, paling tidak seperempat liter air setiap 45 menit. Jika menunggu hingga rasa haus menyerang, Anda sudah dehidrasi! Jika ingin hemat bawaan, bawalah filter air atau tablet yodium untuk memurnikan air.

- Pakai baju berlapis Pakailah pakaian yang bertumpuk-tumpuk. Mulai dari bra, kaos dalam, kaos lengan pendek, lengan panjang, sweater, jaket anti-angin. Baju-baju ini akan memudahkan pengepakan dan membuat Anda lebih tahan pada perubahan suhu atau temperatur drastis saat memasuki hutan atau tidak terpapar sinar matahari.

- Peralatan darurat Tetaplah berjaga-jaga untuk keamanan pribadi: peta, kompas atau GPS untuk penunjuk arah, kacamata hitam, senter, P3K, tenda untuk berlindung, kantong tidur dan korek api. (fitness/yel)

Source: Fitness Magazine, Edisi Januari 2012, Halaman 53

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment