Vitamin E Tingkatkan Risiko Kanker Prostat

iklan
VIVAnews - KOSMO
VIVAnews - KOSMO
Vitamin E Tingkatkan Risiko Kanker Prostat
Oct 12th 2011, 04:37

Rabu, 12 Oktober 2011, 11:37 WIB

Pipiet Tri Noorastuti

VIVAnews - Studi terdahulu menyebut vitamen E bisa menjadi senjata ampuh melawan pertumbuhan sel kanker prostat. Tak heran jika banyak pria kemudian mulai rajin mengonsumsi vitamin tersebut, bahkan dengan dosis yang tinggi.

Mereka agaknya tak sadar bahwa konsumsi vitamin E dalam dosis tinggi justru akan meningkatkan risiko penyakit yang menjadi momok pria tersebut, seperti dikutip dari Fox News.

Studi yang dipimpin Dr Eric Klein dari Cleveland Clinic menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi 400IU vitamin E setiap hari memiliki risiko mengembangkan kanker prostat lebih tinggi, dibandingkan mereka yang tak mengonsumsinya.

"Hasil studi menunjukkan bahwa partisipan yang mengonsumsi suplemen vitamin E dosis tinggi memiliki risiko mengembangkan kanker prostat sekitar 17 persen, dibandingkan mereka yang mengonsumsi plasebo atau pil kosong," kata Klein yang fokus menangani pasien kanker prostat.

Klein dan timnya memelajari efek vitamin terhadap lebih 35.000 pria selama tujuh tahun. Mereka mulanya hendak memperkuat penelitian terdahulu bahwa vitamin E dan selenium akan menurunkan risiko pengembangan kanker prostat. Faktanya, hasil penilitian menunjukkan hasil berlawanan.

Para peneliti mengatakan bahwa hasil tersebut menantang mereka untuk melakukan studi lebih lanjut guna menjawab faktor yang memicu vitamin E meningkatkan pertumbuhan sel kanker prostat. "Vitamin adalah agen aktif, bagian dari fisiologi normal yang mana bisa berbahaya jika dikonsumsi berlebihan."

Dr David Samadi dari Mount Sinai School of Medicine di New York City setuju dengan pendapat Klein. "Kami sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai hubungan antara vitamin E dan kanker prostat. Temuan mereka membuat saya lebih berhati-hati membuatkan resep obat dan harus berdasar uji klinis."

Studi diterbitkan di Journal of The American Medical Association.

• VIVAnews

Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

' ); $.ajax({ type: "POST", url: "/comment/load/", data: "valIndex=" + a + "&articleId=" + b + "&defaultValue=" + c, success: function(msg){ $("#loadkomen").html(msg); //$(".balasan").hide(); } }) }

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment