Emosi pada Suami? Marahlah Lewat Surat!

iklan
KOMPASfemale
KOMPASfemale
Emosi pada Suami? Marahlah Lewat Surat!
Feb 17th 2012, 08:06

KOMPAS.com - Komunikasi memang menjadi cara jitu untuk mengatasi semua masalah, namun seringkali komunikasi langsung dengan pasangan terbentur pada meningkatnya emosi dan nada bicara tinggi. Hal ini sering membuat orang menjadi malas berkomunikasi dengan pasangan ketika sedang menghadapi masalah, dan berusaha menyelesaikan dengan caranya sendiri. Padahal sebenarnya cara ini salah; bagaimana pun juga ketika sudah menikah pasangan seharusnya mau lebih banyak mendengar dan berkomitmen untuk menyelesaikan masalah.

Musisi Addie MS mengakui, meskipun perkawinannya dengan Memes sudah berlangsung 25 tahun, sampai sekarang mereka juga masih sering beradu pendapat. ketika nada bicara sudah mulai tinggi, kami memutuskan untuk meredam emosi terlebih dulu, dan kembali ke kegiatan kami masing-masing," ungkap Addie, dalam acara Molto Mencari Ayah Romantis, di City Plaza, Jakarta Selatan, Selasa (14/2/2012) lalu.

Untuk menghindari emosi yang tinggi ketika sedang berkomunikasi dengan pasangan, sebenarnya bisa diatasi dengan berkomunikasi secara tak langsung. Misalnya, seperti kebiasaan yang dilakukan Addie dan Memes, adalah menulis surat kepada pasangan. Dengan menumpahkan uneg-uneg melalui tulisan, Anda akan memberi waktu kepada diri sendiri untuk meredam emosi dan berpikir jernih. Anda juga tidak akan menggunakan kata-kata yang menyakitkan, karena Anda cenderung akan membaca ulang surat tersebut dan membuang kata-kata yang kasar.

"Surat bisa membantu kita mengkomunikasikan berbagai hal, termasuk untuk menyelesaikan masalah, sekalipun kita ada dalam satu rumah. Menulis surat butuh waktu, dan selama masa menulis ini, perlahan pikiran akan menjadi tenang dan emosi reda. Setelah selesai, akhirnya sadar bahwa sebenarnya ini adalah masalah yang sederhana dan bisa diselesaikan," tambah Addie.

Memes dan Addie menggunakan surat sebagai alat bantu untuk menyelesaikan masalah ketika emosi mereka tidak stabil. Surat juga dapat mencegah berbagai hal yang tak diinginkan, misalnya pertengkaran berlanjut ke saling tuduh dan mencaci maki. Mereka akan saling berbalas surat untuk menyelesaikan masalah ini, namun tetap akan kembali berkomunikasi seperti biasa ketika emosi sudah reda, dan menemukan sedikit titik terang melalui surat.

Selain menjadi salah satu cara bantu mengatasi masalah komunikasi, surat juga bisa membantu menumbuhkan kembali dan meningkatkan rasa cinta pasangan. Cara ini juga dilakukan oleh orangtua Kevin dan Tristan ini untuk menjaga keutuhan rumah tangga. Mereka bahkan masih menyimpan surat cinta yang pernah mereka buat selama mereka pacaran, lho! Surat cinta, pasti mengekspresikan kekaguman dan rasa cinta yang mendalam pada pasangan. Nah, membaca ulang surat-surat cinta tersebut bisa membangkitkan kenangan indah ketika mengalami masa sulit dalam pernikahan, atau ketika merasa kadar cinta sudah mulai berkurang.

"Sesekali kami membaca surat cinta kami masing-masing, dan membuat perasaan cinta tumbuh kembali. Ini juga bermanfaat ketika perasaan cinta sudah mulai berkurang pada pasangan, jadi ingat rasa cinta yang dirasakan dulu," seru Addie.

Pendek kata, hingga usia perkawinan perak ini, Addie dan Memes masih terus belajar. Semakin lama mereka sadar bahwa manusia memang tidak bisa disamakan satu sama lain. Justru itulah yang membuat pernikahan jadi indah. "Sama seperti musik, dengan kombinasi alat musik yang berbeda, harmonisasi orkestra akan jadi indah," ujarnya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment