Gaya Hidup Tak Sehat Picu Darah Tinggi

iklan
Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Gaya Hidup Tak Sehat Picu Darah Tinggi
Feb 17th 2012, 06:28

Liputan6.com, London: Banyaknya pilihan gaya hidup yang ditawarkan membuat kita harus pandai memilah agar terhindar dari sejumlah penyakit yang ditimbulkan. Menurut penelitian di Inggris, 70 persen orang berusia 35 tahun lebih berisiko terserang stroke, jantung, atau pun darah tinggi.

Seperti dikutip laman dailymail.co.uk, belum lama ini, dokter senior dalam penelitian ini menyatakan gaya hidup tak sehat menjadi penyebab utama penyakit tersebut. Tumpukan pekerjaan, kurang berolahraga, dan mengonsumsi makanan cepat saji telah memberikan kontribusi positif pada masalah ini, bahkan dikalangan kaum muda.

Lebih dari 100 ribu tes tekanan darah telah dilakukan sejak 2003 dan hasilnya 70 persen dari seluruh orang dewasa berada di kisaran yang tidak sehat. Angka ini, menurut Leslie Hamilton, seorang konsultan ahli bedah jantung Rumah Sakit Freeman di Newcastle, Inggris, haruslah menjadi perhatian besar dan pengingat semua pihak bahwa tekanan darah tinggi merupakan masalah besar di Inggris.

Sebagai seorang dokter, setiap harinya ia menyaksikan orang yang terkena efek dari tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. "Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung fatal," ujarnya. "Banyak orang menduga masalah jantung karena urusan genetika, tetapi tekanan darah Anda adalah salah satu daerah yang dapat Anda kendalikan dengan perubahan gaya hidup dan obat-obatan," imbuhnya.

Ia menjelaskan gaya hidup seperti merokok, diet asin, kelebih berat badan, tidak berolahraga cukup, kolesterol tinggi, dan diabetes merupakan di antara pola hidup tak sehat. Karenanya, ia mengimbau agar dilakukan perubahan gaya hidup positif. "Dengan membuat perubahan positif, orang dapat membantu memerangi tekanan darah tinggi," tandasnya.(ADO)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment