Sebelum 6 bulan, Bayi Hanya Boleh Minum Susu

iklan
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Sebelum 6 bulan, Bayi Hanya Boleh Minum Susu
Feb 18th 2012, 14:39

Sabtu, 18 Februari 2012 | 20:48 WIB

TEMPO.CO, Jakarta -Dokter Spesialis Anak Diki Pribadi mengatakan balita boleh mengkonsumsi makanan apabila sudah berusia 6 bulan. "Ini anjuran dari World Health Organization (WHO)," katanya usai acara talk show scotch brite "We Care" di Cilandak Town Square, Sabtu, 18 Februari 2012.

Menurut Diki, ini perlu ditekankan kepada orang tua jangan memberikan makanan sebelum usia balitanya mencapai 6 bulan. "Karena secara fisik, mental, dan motorik balita belum siap menerima asupan makanan," ujarnya.

Kata dia, enzim pada mulut balita belum bagus. "Enzim dan pergerakan usus pada balita dibawah 6 bulan tidak baik untuk kesehatannya," dia menjelaskan. Bisa saja terjadi alergi pada balita yang diberi makan sebelum 6 bulan.

Diki menjelaskan, secara teori Air Susu Ibu baik diberikan kepada balita sampai usia 2 tahun. "Tapi prakteknya banyak ibu-ibu yang bermasalah dengan ASInya." Kata dia, kalau ibu sudah tidak bisa memberikan ASI sebaiknya diberikan susu formula. "Susu formulanya juga yang cocok dengan balita, jangan sampai terjadi diare,' ujarnya.

Diki juga mengatakan, orang tua harus memperhatikan penggunaan susu formula, jangan sampai membuat balita susah buang air besar. "Karena balita umur 0-5 tahun tingkat imunitasnya lebih rendah."

AFRILIA SURYANIS

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment