Kapan Waktu Terbaik Berolahraga? (2)

iklan
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
Kapan Waktu Terbaik Berolahraga? (2)
Feb 18th 2012, 08:55

image

Ketika Insomnia Mengganggu

Memaksakan berolahraga saat kantuk mendera, tidaklah disarankan. Sally A. White, PhD, seorang dekan di College of Education at Lehigh University di Bethlehem mengatakan, kebiasaan tidur yang  teratur sebenarnya dapat melawan insomnia (kesulitan tidur di malam hari).

Hal yang mendukung, yakni meredakan tubuh dan pikiran sebelum tidur. "Tubuh Anda perlu bersiap-siap untuk tidur," kata Sally. "Usahakan denyut jantung dan suhu tubuh berada di zona istirahat. Maka tubuh secara perlahan akan terbiasa dengan pola tidur," katanya.

Oleh karenanya, berolahraga atau makan di larut malam menyabotase keinginan tubuh Anda untuk tidur. "Olahraga dan makan meningkatkan denyut jantung dan suhu tubuh," ungkapnya.

Ketika Olahraga di Penghujung Hari Lebih Diminati

Meski berolahraga di malam hari kurang disarankan, namun sebagian orang memilih untuk tidak melawan jam tubuhnya; melainkan memilih menggerakkan badan di sore hari, yakni di kala senggangnya.

Sementara bagi sebagian orang, makan siang adalah waktu terbaik untuk berolahraga. Namun pastikan agar makan siang dilakukan setelah Anda berolahraga, bukan sebelumnya. "Jangan berolahraga segera setelah makan," kata Bryant.

"Darah yang perlu bergerak menuju otot-otot tubuh, justru akan menuju saluran pencernaan Anda. Paling tidak luangkanlah 90 menit beristirahat setelah makan berat," ungkapnya.

Jadikan Olahraga Kebiasaan

Suatu hari, Anda akan mencapai titik di mana olahraga rutin setiap hari menjadi hal yang alami, seperti Anda bernafas. Pada saat itu, Anda mungkin ingin variasi.

"Hal itu tentunya lebih menyenangkan dan membuat olahraga lebih mungkin untuk berlanjut," kata Aldana, penulis buku The Stop & Go Fast Food Nutrition Guide.

Apakah Anda memilih pagi, makan siang, atau setelah bekerja untuk berolahraga, jadikanlah olahraga bagian dari rutinitas Anda. "Orang yang baru memulai dan yang berolahraga secara acak lebih mungkin untuk tidak melanjutkannya," kata White.

(Linda, MD/CN33)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment