Mencuci di Air Mengalir Cegah Diare

iklan
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Mencuci di Air Mengalir Cegah Diare
Feb 18th 2012, 14:39

foto

Sejumlah murid membasuh tangannya dengan air keran di Lapangan Parkir JCC, Senayan, Jakarta (15/10). Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPSS) atau Global Handwashing Day. TEMPO/Aditia Noviansyah

Sabtu, 18 Februari 2012 | 20:35 WIB

TEMPO.CO, Jakarta -Dokter Spesialis Anak Diki Pribadi mengatakan mencuci tangan dan mencuci peralatan makan dengan air mengalir dapat mencegah diare. "Air mengalir ini langsung mengalirkan kuman dan bakteri," katanya usai acara talk show scotch brite "We Care" di Cilandak Town Square, Sabtu, 18 Februari 2012.

Menurut Diki, alat makan yg bersih adalah alat makan yang dibersihkan dengan air mengalir. "Ya dengan sabun cuci juga tentunya." Kata dia, harus dengan sabun dan sabut mencuci yang khusus juga. "Sabut yang lunak tapi bagus," ujarnya.

Diki menjelaskan, banyak orang merendam peralatan makan dengan air hangat. "Ini hanya membuat kuman beredar disekitar air rendaman," ujarnya. Hal ini tidak juga memudahkan melepas kuman. "Lebih baik menggunakan air mengalir." Air mengalir, kata Diki, dapat membuang kuman dari daya gesekannya.

Diki menganjurkan, anak-anak mencuci tangan sebelum memegang makanan dan alat makan disterilkan terlebih dahulu. "Air mengalir paling tepat untuk itu." Kata dia, Kebersihan adalah yang paling utama dalam mencegah diare.

AFRILIA SURYANIS

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment