Kapan Waktu Terbaik Berolahraga? (1)

iklan
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
Kapan Waktu Terbaik Berolahraga? (1)
Feb 17th 2012, 05:53

image

KAPAN saat yang tepat untuk berolahraga? Menyadari akan pentingnya olah raga untuk kesehatan dan kebugaran, berolahraga tentu hal penting.

Namun dengan banyaknya kegiatan dan padatnya jadwal sepekan, seringkali kegiatan berolahraga menjadi terkesampingkan. Perlu waktu dan alasan yang "tepat" untuk berolahraga.

Sebagian memilih rutin berolahraga ringan di setiap pagi hari, entah berupa jogging, jalan kaki, hingga bersepeda. Sebagian memiliki waktu untuk "menggerakkkan badan" di sore atau malam hari dengan treadmill, sepeda stasioner, hingga mesin gym, atau alat olahraga apapun yang dimiliki. Sebagian berolahraga hanya jika sempat dan memiliki waktu luang. Lalu, adakah waktu yang terbaik untuk berolahraga?

Hingga kini belum ada bukti terpercaya yang menunjukkan akan adanya waktu tertentu dalam sehari yang lebih efisien untuk membakar kalori. Namun benar bahwa, waktu dapat mempengaruhi bagaimana perasaan seseorang ketika berolahraga. Meski demikian, hal utama yakni memiliki waktu reguler berolahraga.

Jam Tubuh Anda

Irama sirkadian tubuh Anda menentukan apakah Anda termasuk golongan yang terbiasa tidur larut malam atau terbiasa bangun di awal pagi, dan tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk mengubah ritme 24-jam tersebut.

Ritme ini mempengaruhi fungsi tubuh seperti tekanan darah, suhu tubuh, kadar hormon, dan detak jantung, yang semuanya memainkan peran dalam kesiapan tubuh Anda untuk berolahraga.

Jika Anda mengalami masalah dengan konsistensi jam tubuh, pagi mungkin waktu terbaik untuk menyempatkan berolahraga, kata para ahli. "Penelitian menunjukkan, terkait olahraga yang konsisten, individu yang berolahraga di pagi hari cenderung lebih baik," kata Cedric Bryant, PhD, kepala badan sains American Council on Exercise di San Diego.

Berolahraga di pagi hari lebih sesuai, di mana saat itu suhu tubuh lebih rendah, sehingga akan ada cukup waktu pemanasan.

(Linda, MD/CN33)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment