Empat Sumber Munculnya Si "Bau Badan"

iklan
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
Empat Sumber Munculnya Si "Bau Badan"
Feb 17th 2012, 05:53

image

BAIK pria maupun wanita tentu sangat memperhatikan penampilan, namun apa jadinya apabila penampilan yang menarik tidak dibarengi dengan bau yang tidak menyenangkan? Beberapa dari anda tentu pernah mengalami masalah ini, baik diri sendiri atau hanya terkena imbas dari polusi udara yang disebabkan teman.

Bau badan juga menyebabkan seseorang kehilangan rasa percaya dirinya, sehingga berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan bau badan itu. Namun, pada dasarnya bau badan adalah berasal dari konsumsi diri sendiri terhadap makanan.

Berikut adalah beberapa bahan makanan yang memperpekat bau badan:

1.    Bawang

Bawang memiliki aroma yang kuat sehingga pada saat dicerna pada umumnya akn memnghasilkan zat volatile sulfurous  (zat yang menahan bau tetap menempel setelah berjam-jam dimakan) yang diserap oleh darah dan dieliminasi melalui paru-paru dan pori-pori kulit.

2.    Kunyit
   
Kunyit merupakan keluarga rempah yang mengandung senyawa volatile yang dikeluarkan oleh tubuh ketika berkeringat. Senyawa volatile terserap oleh darah dan paru-paru setelah pencernaan, sehingga tidak hanya menimbulkan bau badan yang tidak sedap tetapi juga bau mulut yang kurang bersahabat.

3.    Daging merah

Selain beberapa rempah rempah yang memengaruhi aroma tubuh, ada juga daging merah yang ternyata juga turut serta menyebabkan bau tidak enak. Seseorang yang menjalankan gaya hidup vegetarian cenderung memiliki bau badan yang lebih sedap dibandingkan seseorang yang mengonsumsi daging, hal tersebut diungkapkan oleh jurnal Chemical Senses. Butuh waktu yang tidak sebentar untuk mencerna daging merah. Ketika makanan tidak tercerna, racun dan gas berbau busuk dilepaskan yang merupakan penyebab bau keringat.

4.    Makanan pedas

Sesungguhnya makanan pedas tidak memiliki aroma khusus yang menyebabkan bau tidak sedap. Akan tetapi, makanan pedas selalu berhasil meningkatkan pasokan keringat pada tubuh anda. Maka, semakin banyak keringat pada kulit akan semakin betah juga kuman hinggap pada kulit. Ketika bakteri berkolaborasi dengan keringat maka saat itulah timbul bau badan yang menyengat.

Beberapa orang memiliki kelainan genetik yang dikenal sebagai trimethylaminuria. Dalam kondisi tersebut tubuh tidak mampu memecah asam amino, trimetilamin, yang lagi-lagi menghasilkan bau badan yang amis dan anyir. Ada banyak makanan yang mengandung asam amino contohnya seafood, minyak ikan, hati, telur, susu sapi, brokoli, dll. Untuk mencegah bau badan sendiri ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yakni dengan minum air putih yang banyak, konsumsi makanan yang mengandung serat dan buah-buahan yang rendah kolin.

(Lendy/CN31)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment