Kelebihan dan Berlebihan, Kita sendiri yang Memilih

iklan
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
Kelebihan dan Berlebihan, Kita sendiri yang Memilih
Feb 17th 2012, 01:52

image

Kelebihan merupakan nilai plus yang dimiliki seseorang, dan bisa menjadi nilai plus bagi sebuah perusahaan untuk memerkerjakan Anda. Namun, saat kelebihan Anda menjadi sesuatu yang berlebihan bagaimana dampaknya terhadap karier Anda?

1.    Seringkali keunggulan yang dimiliki membuat Anda merasa mampu untuk menyelesaikan banyak pekerjaan dengan baik. Anda lantas menyepelekan, menganggap mampu dan ujungnya malah menyelesaikan pekerjaan tersebut secara asal - asalan. Inilah yang lalu menyebabkan kualitas kerja Anda memburuk.

2.    Pujian dari atasan menyebabkan Anda besar kepala, sombong dan menganggap diri Anda lebih dibanding rekan - rekan yang lain.

Padahal, proses belajar diperlukan oleh orang lain. Ingat, jika Anda ingin sukses, jangan dulu merasa mudah puas. Cobalah untuk lebih menjadi rendah hati, dan menerima kritik dan masukan untuk membangun diri menjadi lebih baik lagi.

3.    Keunggulan yang dimiliki terkadang membuat Anda menjadi seseorang yang merasa paling mampu menguasai pekerjaan, padahal di balik itu semua Anda masih saja membutuhkan masukan dari orang lain.

Meski Anda lebih mampu dibandingkan mereka, tidak ada salahnya Anda mendengarkan masukan dari orang lain. Bukankah pemikiran dan ide dari banyak kepala selalu lebih menarik?

4.    Kesempatan kerja selalu datang pada siapa saja yang mau berusaha. Maka, jangan berkecil hati apabila atasan memberikan pekerjaan yang Anda kuasai pada rekan kerja yang lain.

Berpikirlah positif dan tidak memikirkan diri sendiri. Ini karena ada kalanya atasan menginginkan semua bawahnnya berkembang.

Jadi, bukanlah hal yang buruk, memberikan kesempatan rekan kerja yang lain untuk belajar, justru dari hal tersebutlah, Anda dapat membantu mengerjakan pekerjaan tersebut dan mempererat hubungan dengan rekan kerja.

5.    Terbiasa menghandle pekerjaan rekan kerja karena merasa mampu dan ingin unggul, ternyata makin lama dapat menyebabkan karier Anda terancam.

Dampak yang terasa adalah pekerjaan Anda sendiri yang akan terbengkalai, atau bahkan Anda bakal dianggap tidak dapat menentukan skala prioritas.

Namun, dibalik itu semua beberapa ahli mengungkapkan bahwa, wanita karir yang sukses cenderung menolak membantu rekan kerja wanitanya karena dianggap dapat mengancam posisinya.

Hal ini karena kelebihan yang dimiliki seseorang berpotensi menjadikan dirinya angkuh, hingga melahirkan sebuah ambisi. Ambisi inilah yang membuat seseorang takut tersaingi sehingga lantas menutup dirinya untuk menerima kritik dan masukan.

Bijak jika Anda menyuguhkan keunggulan Anda dalam bekerja dengan tetap membawa diri dengan baik dan menjalin komunikasi dengan rekan kerja. Pada intinya, bersikaplah rendah hati, sebuah kunci paling ampuh untuk menunjukkan kemampuan dan keunggulan diri. 

(lendy, maya/CN19)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment