Karya Seni Pembatik Jerman Bakal Dipamerkan di Solo

iklan
Sindikasi lifestyle.okezone.com
KapanLagi.com: Woman
Karya Seni Pembatik Jerman Bakal Dipamerkan di Solo
Feb 17th 2012, 04:39

detail berita

Batik Jerman (Foto: K. Wahyu/okezone)

PAMERAN Batik Indonesia bertemakan "Sebuah Warisan yang Hidup" bakal digelar di Pendapi Gede, Kompleks Balaikota Solo, Jawa Tengah. mulai 20 – 29 Februari 2012.
 
Koordinator Program EKONID (Perkumpulan Ekonomi Indonesia-Jerman), Martin Krummeck mengatakan, bahwa pameran diselenggarakan sebagai bagian kerja sama antara Indonesia dan Jerman menampilkan tidak hanya karya batik berasal dari berbagai pelosok Indonesia, tetapi juga karya kain bermorif batik dari Eropa.
 
"Karya-karya seniman batik Jerman turut dipamerkan. Memang berbeda dengan batik Indonesia terutama dari Solo dan Yogyakarta yang biasanya diproduksi secara massal, kalau kain motif batik dari Jerman hanya sebatas karya seni saja," ungkap Martin Krummeck saat bertemu wartawan, di Balaikota Solo, Jawa Tengah, Kamis (16/2/2012).
 
Pameran yang didukung penuh Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia tersebut, sambung Martin Krummeck bakal menampilkan perjalanan batik di Indonesia dari masa ke masa, serta memamerkan penggunaan bahan-bahan alami sebagai pewarna kain batik.
 
"Memang penggunaan bahan alami sengaja kami perkenalkan kembali kepada pelaku usaha kecil menengah batik melalui program Clean Batik Initiative (CBI)," ujarnya.
 
Program CBI adalah program yang dikembangkan selama empat tahun oleh EKONID, dan didanai bersama-sama dengan Komisi Uni Eropa melalui program hibah SWITCH-Asia.  Selain mengenalkan pemakaian bahan-bahan alami yang lebih ramah lingkungan, CBI juga membantuk mengoptimalkan proses pembuatan batik agar lebih efisien. (ind)
(tty)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment