Menidurkan Si Kecil

iklan
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:WANITA+SEHAT
Menidurkan Si Kecil
Feb 18th 2012, 08:55

image

PADA sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris disebutkan bahwa memberikan jadwal yang tepat sesuai dengan rutinitasnya merupakan langkah yang baik untuk memicu anak lebih disiplin.

Mulai dengan hal kecil seperti menetapkan jam tidur bagi anak, jam makan yang selalu sama. Begitu juga sebaliknya. anak dengan pola yang kurang terjadwal sedikit memiliki tingkat kesuksesan di sekolah yang kurang.

Hal yang cukup sullit untuk mengajari anak salah satunya adalah menerapkan sebuah kebiasaan positif seperti menerapkan jam tidur. Namun, bukan berarti hal tersebut tidak bisa Anda.

Mulailah dengan menerapkan beberapa cara dibawah ini....

1. Langkah awal untuk memulai semuanya dengan mengajak anak untuk tidur tanpa banyak keributan adalah dengan membuat jadwal tidur secar rutin. Setiap harinya Anda harus menerapkan waktu yang sama untuk tidur, sehingga tubuhnya akan beradaptasi dan mereka akan mengantuk pada waktu yang sudah ditentukan.

2. Langkah kedua yang sangat penting juga adalh dengan membatasi kegiatan yang menstimulasi mental serta fisiknya, seperti bermain game, menonton televisi, juga bermain komputer.

Permainan anak pada masa kini merujuk kepada tekhnologi yang canggih yang menuntut kerja otak menjadi lebih meningkat. Usahakan anak agar tidak melakukan kegiatan - kegiatan tersebut beberapa jam sebelum mereka tidur. Buatlah kegiatan edukasi yang lebih menenangkan seperti menggambar, mewarnai, atau membaca sebagi pengantar tidur mereka.

3. Pastikan pada malam harinya anak merasa nyaman, misalnya dengan mematikan lampu utama dan menyalakan lampu tidur sesuai kesukaannya, atau dengan menaruh mainan favoritnya disampingnya agar mereka selalu merasa nyaman.

4. Pakaian dan kondisi ruangan harus nyaman dan sekondusif mungkin, pakaikan pakaian yang tidak panas dan tidak terlalu ketat agar sewaktu tidur anak tetap mudah bergerak.

5. Langkah terakhir, begitu mereka sudah mulai terlelap, tinggalkan kamarnya. Biarkan mereka belajar mandiri untuk tertidur sendiri tanpa harus bergantung pada kehadiran Anda.

Selebihnya Anda tentu lebih mengerti karakter anak Anda, carilah celah untuk mengatur dan melaksanakan rutinitas tersebut secara terus-menerus.

(Lendy/CN33)
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment