Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran: Rapat Koordinasi E-Health (bahasa)

iklan
Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran
Just another WordPress weblog
Rapat Koordinasi E-Health (bahasa)
Feb 16th 2012, 07:55

Fakultas Kedokteran mengadakan rapat koordinasi mengenai E-Health pada hari Rabu (15/2/2012) bertempat di Gedung C1 lantai 2 Kampus Jatinangor. Penggunaan E-Health di masyarakat Indonesia khususnya Jawa Barat sangatlah minim, bahkan sejumlah orang pun tidak tahu apa arti dan manfaat dari E-Health itu sendiri. Perlu adanya peningkatan penggunaan E-Health dalam rangka mempermudah masyarakat Jawa Barat secara khusus untuk mengakses informasi kesehatan. Arti dari E-Health itu sendiri adalah pemanfaatan jasa teknologi terutama internet untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan mempermudah seseorang untuk mengakses informasi seputar dunia kesehatan. Jika kita menelaah lebih dalam apa manfaat dari E-Health yaitu meliputi penyediaan layanan kesehatan baik mengenai obat-obatan, konsultasi kedokteran, informasi yang spesifik tentang penyakit tertentu dan informasi tentang gaya hidup sehat.

Merujuk hal tersebut Fakultas Kedokteran sebagai salah satu penggagas pembangunan E-Health di Jawa Barat dituntut keras untuk dapat meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dokter di Jawa Barat secara khusus dan secara umum di Indonesia. Tidaklah berlebihan apabila Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran pada saat mulai mengembangkan secara signifikan pembangunan E-Health secara menyeluruh di Jawa Barat dan pada tahap pertama dalam rangka pembangunan E-Health diantaranya penyediaan telemedicine di RSUD Banjar dan Sukabumi dalam waktu yang tidak lama lagi, penggunaan layanan ini bisa digunakan  di RSUD tersebut untuk pendidikan dan pelayanan kesehatan secara langsung ke Rumah Sakit Hasan Sadikin sebagai Rumah Sakit Rujukan utama di Jawa Barat.

Dengan dibangunnya sistem tersebut diharapkan layanan kunjungan ke Rumah Sakit Hasan Sadikin bisa berkurang dengan  harapan banyak pelayanan kesehatan dapat ditangani langsung di daerah. Dalam rapat koordinasi yang diketua langsung oleh Pembantu Dekan Bidang Penelitian, Kerjasama, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Pengembangan Sumber Daya Manusia            (A. Hussein S. Kartamihardja,dr.,SpKN, MH.Kes) dihadiri oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unpad ( Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad.dr), Pembantu Dekan Bidang Administrasi Umum dan Keuangan (Dr. Gaga Irawan,dr.,SpGK), Staf Khusus Pimpinan (Irvan Afriandi,dr.,M.Kes) serta Tim IT Fakultas Kedokteran Unpad. Acara ini berlangsung lancar.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment